Lakukan Upaya Mitigasi, Mahasiswa KKN Undip Buat Peta Kerawanan Penyakit DBD

Pengabean, Tegal (10/2) – Intensitas curah hujan yang tinggi di Desa Pengabean saat musim hujan seringkali menyebabkan terjadinya genangan air. Genangan air tersebut dapat menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk, khususnya nyamuk Aedes aegypti sebagai vektor pembawa Virus Dengue yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang jumlah penderitanya semakin meningkat dan penyebarannya semakin luas, termasuk di Desa Pengabean, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Fika Franestia yang merupakan mahasiswa KKN Tim I Undip 2022/2023 yang berlokasi di Desa Pengabean, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal menyusun sebuah program pembuatan Peta Zona Tingkat Kerawanan Penyakit DBD di Desa Pengabean. Program tersebut disusun dengan maksud agar peta tersebut dapat digunakan sebagai alat bantu bagi Pemerintah Desa Pengabean dan masyarakat Desa Pengabean untuk lebih waspada dan menjaga diri terkait perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti sebagai vektor pembawa Virus Dengue. Peta tersebut telah diserahkan kepada Pemerintah Desa Pengabean yang bertempat di Balai Desa Pengabean pada hari Senin, 6 Februari 2023.

Dalam penyusunan program tersebut, data-data yang dibutuhkan di antaranya yaitu data kepadatan penduduk Desa Pengabean, jarak permukiman dari sungai, jarak permukiman terhadap puskesmas, kemiringan lereng Desa Pengabean, serta penggunaan lahan di Desa Pengabean. Kelima data tersebut dianalisis dengan memanfaatkan aplikasi ArcGIS, yang mana metode analisis yang digunakan yaitu skoring, Multiple Ring Buffer, dan overlay.

Berdasarkan hasil analisis tersebut, diketahui bahwa tingkat kerawanan penyakit DBD tinggi di Desa Pengabean berada di RW 01 dan RW 02. Melalui hasil ini, diharapkan mampu memberikan informasi sebaran tingkat kerawanan penyakit DBD di Desa Pengabean, sehingga Pemerintah Desa Pengabean dan masyarakat Desa Pengabean dapat melakukan upaya-upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan dan adanya upaya perbaikan saluran air dari pemerintah setempat dengan tujuan untuk menekan perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti sebagai vektor pembawa Virus Dengue agar penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Desa Pengabean dapat dihindari.

Penulis : FIKA FRANESTIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *