Mahasiswa KKN UNDIP berhasil memperbaharui Peta Batas Administrasi Desa Pengabean!

 

Desa Pengabean adalah salah satu dari 18 desa di Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal. Desa Pengabean terletak di ujung utara Kabupaten Tegal yang berbatasan langsung dengan Kota Tegal. Mempunyai dua wilayah yang terpisah merupakan salah satu keunikan dari desa ini.

 

Batas wilayah administrasi desa merupakan hal yang sangat penting bagi pemerintah desa dalam berbagai kepentingan. Sayangnya batas-batas administrasi wilayah Desa Pengabean belum terpetakan dengan jelas. Sebenarnya sudah ada beberapa peta batas administrasi desa, namun dari semua peta yang ada tersebut belum satu pun satu pun yang benar. Hal ini membuat Ananda Nazika Rizki, mahasiswa KKN TIM I Undip berinisiatif dalam pembaharuan Peta Batas Administrasi Desa Pengabean.

 

Proses pengumpulan data dalam pembuatan peta ini dilakukan dengan metode survei lapangan menelusuri batas-batas wilayah dalam upaya penegasan batas wilayah administrasi desa hingga tingkat terkecil yakni tingkat RT.

Pada tanggal 6 Februari 2022 telah dilakukan penyerahan Peta Batas Administrasi Desa Pengabean ke pihak pemerintah desa. Harapannya peta tersebut dapat bermanfaat bagi pemerintah desa dalam kepentingannya.

 

Penulis : ANANDA NAZIKA RIZKI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *