Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Tanggap Bencana Gempa Bumi Sejak Dini di TK Masyithoh Pengabean, Tegal

Ditulis Oleh : CHOMSATUL LAILATUZ ZAHRO

Pengabean – Pada tanggal 17 Januari 2023, telah dilaksanakan pengenalan tanggap bencana gempa bumi kepada siswa siswi TK Masyithoh Desa Pengabean, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal. Program ini dilatar belakangi oleh minimnya pengetahuan anak-anak tentang bagaimana menghadapi bencana alam gempa bumi agar dapat memperkecil resiko terkena dampak dari bencana alam tersebut. Berkiblat di Negara Jepang, anak-anak hingga orang dewasa sudah mengerti materi tanggap bencana ini, dan sudah sering melakukan simulasi dalam skala besar dan memang sudah diadakan oleh pemerintah.

Program pengenalan tanggap bencana ini diawali dengan memperkenalkan visual terlebih dahulu, yaitu dengan menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi, dengan media gambar. Anak-anak seusia TK lebih mudah mengingat hal dengan gambar.

Setelah diulang beberapa kali tentang bagaimana langkah-langkahnya, anak-anak TK ini diajak untuk melakukan simulasi. Simulasi ini berupa simulasi gempa dengan menggunakan suara dari media YouTube. Langkah-langkah tersebut berupa               :

  1. Tidak boleh berlarian dan panik,
  2. Berlindunglah dibawah meja untuk menghindari benda diatas kepala yang mungkin terjatuh,
  3. Jika gempa masih berlanjut, berjalanlah ke tanah lapang dengan tangan di atas kepala
  4. Jika saat gempa sedang berada di lantai 2 atau lebih, jangan gunakan lift. Gunakanlah tangga.

Anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti program ini. Diharapkan denga adanya program ini, anak-anak semakin teredukasi dan memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara menanggapi adanya bencana gempa bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *