Menyenangkan! Mahasiswa KKN Bangun Karakter Memilah Sampah Sejak Dini Melalui Games Edukasi dan Belajar Bahasa Inggris di TK Masyithoh

Ditulis Oleh : SALSABILA CINTIA SETIADERY

Pengabean – (21/01/2023). Pertumbuhan jumlah penduduk Kabupaten Tegal terutama di Desa Pengabean, yang semakin cepat maka akan bertambah dampak jumlah sampah ditimbulkan, sehingga sebagian besar rumah tangga hingga saat ini memiliki tingkat kesadaran warga memilah sampah masih begitu rendah. Selain itu, seiring perkembangan zaman modern seperti saat ini, menguasai berbahasa Inggris menjadi sebuah keharusan digunakan di banyak bidang dalam kehidupan manusia, seperti Pendidikan, ekonomi, budaya dan lain-lain. Bahasa Inggris memiliki peran penting dalam komunikasi baik komunikasi secara lisan maupun tulisan.

Untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sejak dini mahasiswa KKN Undip Tim I Desa Pengabean, Kecamatan Dukuhturi telah melaksanakan program keilmuan mengenai memilah sampah dan belajar bahasa Inggris dengan games yang menyenangkan di TK Masyithoh. Dalam program ini, siswa dilatih memilah sampah menggunakan potongan beberapa gambar yakni contoh benda berdasarkan dua kategori pemilahan sampah (organik dan anorganik) yang sudah dibuat semenarik mungkin supaya anak-anak bisa bermain dan belajar bahasa Inggris menjadi sangat antusias. Sebelum melakukan games, kegiatan ini melibatkan siswa-siswi kelas B1 dan B2 untuk menuliskan ulang kata bahasa Inggris yang tertera di halaman belakan potongan gambar. Selanjutnya, bagi siswa-siswi yang dapat memasukkan potongan gambar sesuai kategori akan diberi hadiah yang menarik dan membuat semakin semangat. Di akhir kelas juga dipaparkan mengenai pentingnya menguasai bahasa Inggris serta manfaatnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *