Pemberian Buku Kosakata Sederhana Bahasa Jepang oleh Mahasiswa UNDIP

Ditulis Oleh : AUCTIO GRACIANO

Pengabean – 26 Januari 2023, KKN TIM 1 UNDIP membantu mengenalkan Bahasa Jepang kepada murid kelas 4 SDN Pengabean melalui pemberian buku kosakata sederhana Bahasa Jepang guna menambah wawasan akan bahasa asing.

Bahasa merupakan salah satu alat bagi manusia untuk berkomunikasi, jika tidak terjadi keselarasan dalam suatu percakapan diakibatkan oleh keterbatasan dalam berbahasa maka tidak akan tercapainya suatu kesepakatan. Bahasa merupakan kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan. Saling memahami bahasa merupakan salah satu cara agar manusia bisa saling berkomunikasi

Menrut survey yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP, SDN Pengabean belum menerapkan pengajaran bahasa asing, seperti Bahasa Inggris. Hal inilah yang menjadi alasan utama bagi Mahasiswa Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Agra, untuk menambah wawasan mengenai bahasa Jepang dengan cara memberikan edukasi serta buku kosakata sebagai sarana anak-anak untuk bisa belajar mandiri.

Awalnya anak anak kelas 4 tersebut terlihat bingung karena belum pernah mendengar Bahasa Jepang sebelumnya, namun lama kelaman mereka menunjukkan reaksi tertarik terhadap pengajarnnya karena terdengar menarik dan mudah untuk diikuti. Terlebih lagi disaat akhir pengajaran terdapat quiz berhadiah cemilan yang disukai anak anak, guna mengingat kembali apa yang sudah dipelajari sebelumnya

Program keilmuan ini diakhiri dengan penyerahan 2 buku kosakata dasar Bahasa Jepang kepada Ibu Ginarti Asih selaku kepala sekolah SDN Pengabean guna menambah koleksi di perpustakan SD agar bisa dibaca oleh anak anak SD tersebut jikalau ingin dipalajari lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *