Visualisasikan Data, Mahasiswa KKN Undip Buat Peta Kepadatan Penduduk

Pengabean, Tegal (10/2) – Dengan bantuan Pemerintah Desa Pengabean dan masyarakat Desa Pengabean, mahasiswa KKN Tim I Undip 2022/2023 yang sedang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Pengabean, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal menyusun sebuah program pembuatan Peta Kepadatan Penduduk di Desa Pengabean guna mendukung pembangunan desa. Peta tersebut telah diserahkan kepada Pemerintah Desa Pengabean yang bertempat di Balai Desa Pengabean pada hari Senin, 6 Februari 2023.

Peta kepadatan penduduk merupakan suatu data yang dapat memberikan gambaran secara visual terkait persebaran penduduk yang ada pada suatu wilayah. Data yang dibutuhkan untuk membuat peta tersebut yaitu data jumlah penduduk Desa Pengabean yang bersumber dari data SIREP Desa Pengabean dan data luas wilayah Desa Pengabean yang diperoleh dari hasil observasi lapangan. Kedua data tersebut kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi ArcGIS.

Peta kepadatan penduduk memiliki peranan penting dalam suatu pembangunan, dikarenakan dengan adanya peta ini dapat membantu Pemerintah Desa Pengabean untuk memahami kondisi wilayahnya serta dapat digunakan oleh Pemerintah Desa Pengabean untuk membuat rencana pembangunan yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat Desa Pengabean. Peta ini juga membantu memperlihatkan tingkat urbanisasi dan migrasi penduduk, sehingga dapat membantu Pemerintah Desa Pengabean dalam menentukan prioritas pembangunan. Adapun Peta Kepadatan Penduduk Desa Pengabean dapat dilihat pada gambar sebagai berikut.

Penulis : FIKA FRANESTIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *