Mahasiswa KKN IBN Tegal Menggelar Pelatihan Pembuatan Roti Goreng dan Donat

Mahasiswa KKN IBN Tegal Menggelar Pelatihan Pembuatan Roti Goreng dan Donat

Mahasiswa KKN IBN Tegal di Desa Pengabean Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal mengajak ibu-ibu rumah tangga untuk praktek membuat roti goreng dan donat. Kegiatan ini dilaksanakan di Balaidesa Pengabean. Selain menjadi program pemberdayaan perempuan, kegiatan ini bertujuan membagikan resep makanan cemilan yang sehat untuk keluarga tanpa harus membeli jajanan pasar yang belum terjamin kesehatannya. Demo pembuatan roti goreng dan donat dilakukan satu kali pertemuan, pada Minggu, 9 Februari 2020, pukul 09.00 – 13.00 WIB. Kegiatan ini berlangsung selama 4 jam. Peserta pelatihan mayoritas merupakan ibu rumah tangga sejumlah 24 orang dari masing-masing perwakilan RT dari Desa Pengabean Kabupaten Tegal.

(Tim KKN Mahasiswa IBN Desa Pengabean Menjelaskan Proses Pembuatan Roti Goreng Dan Donat)

Pembuatan roti goreng dan donat selama ini masih sangat sederhana yaitu dengan bentuk biasa. Namun bersama mahasiswa KKN IBN Tegal dilatih membuat roti goreng dan donat yang lezat dengan toping bervariasi.

Proses pembuatan roti goreng dan donat yang pertama adalah mencampurkan semua bahan yang kemudian diuleni hingga kalis. Langkah selajutnya adalah adonan dibentuk menjadi bulatan kecil untuk roti gorengĀ  dan bentuk huruf O untuk donat. Kemudian diamkan selama kurang lebih 2 jam dengan tujuan agar adonan mengembang. Adonan roti dan donat yang sudah mengembang siap untuk digoreng. Ketika adonan berubah warna cokelat, maka adonan diangkat dan ditiriskan. Langkah terakhir adalah memberi topping pada donat yang sudah dingin sesuai selera.

(Warga Desa Sangat Antusias Pada Saat Pelatihan Pembuatan Roti Goreng dan Donat)

Pelatihan demo pembuatan roti goreng dan roti ini juga melibatkan santri Pondok Pesantren Darussalam, sebagai instruktur dan pemateri. Kegiatan ini mendapat apresiasi tinggi dan dukungan penuh oleh pemerintah setempat karena dapat menambah wawasan mengenai pembuatan roti goreng dan donat sebagai produk unggul dan bernilai jual tinggi. Melalui kegiatan ini warga Desa Pengabean dapat mempraktekannya sendiri dirumah untuk mengurangi uang jajan mereka. Selain itu, warga Desa Pengabean juga dapat mendirikan industri rumah tangga dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

Admin : AFIYATUN FAIZAH

2 Replies to “Mahasiswa KKN IBN Tegal Menggelar Pelatihan Pembuatan Roti Goreng dan Donat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *