Keren, Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Peta Sarana Umum! Demi Meningkatkan Kemudahan Akses Masyarakat

Pembuatan peta persebaran sarana di Desa Pengabean merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN UNDIP. Peta persebaran sarana adalah sebuah peta yang menunjukkan lokasi dan jumlah sarana yang tersedia dalam suatu wilayah. Peta ini sangat berguna untuk mengetahui aksesibilitas dan ketersediaan fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, pasar, dan lain-lain.

Dengan menggunakan peta persebaran sarana, pemerintah dapat mengetahui wilayah yang membutuhkan pembangunan sarana dan memprioritaskan pembangunan di wilayah tersebut. Peta ini juga dapat membantu masyarakat dalam memilih tempat tinggal yang memiliki aksesibilitas dan ketersediaan fasilitas umum yang baik. Peta persebaran sarana dapat dibuat dengan menggunakan software geografis seperti ArcGIS atau QGIS.

Keberlangsungan program pemetaan persebaran sarana dan prasarana dimulai dengan menggunakan data-data yang dimiliki pihak desa tahun 2022. Untuk memberikan titik lokasi yang valid maka dilakukan survey lapangan oleh mahasiswa KKN UNDIP. Proses validasi dilakukan berdasarkan pendataan yang sudah ada. Pemberian tanda sebagai tanda titik lokasi menggunakan bantuan aplikasi Avenza. Langkah selanjutnya pembuatan peta menggunakan software ArcGIS 10.3. Setelah pembuatan peta sarana dan prasarana selesai, validasi tetap dilakukan kembali terkait kebenaran titik lokasi sarana dan prasrana kepada perangkat Desa Pengabean. Setelah dilakukan validasi dengan perangkat desa, Peta Sarana dan Prasarana difinalisasi dengan layout peta skala 1:3.100.

Penyerahan peta Persebaran Sarana Umum pada Perangkat Desa Desa Pengabean yang dilaksanakan pada hari Senin, 6 Februari 2023. Inti dari Program ini diharapkan dapat meningkatkan kemudahan akses masyarakat akan ketersedian sarana umum di Desa Pengabean. Yuk, Kenali Sarana di Desa Pengabean. Semoga membantu…

Penulis : MILZA QOHARANI HASYASYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *